Jumat, 17 Oktober 2014

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, melainkan juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang.

CSR saat ini sudah menjadi isu utama sesuai dengan harapan para pemangku kepentingan. Para pemangku kepentingan ini secara terus-menerus menuntut perusahaan untuk bertanggungjawab tidak hanya terkait masalah keuangan, akan tetapi juga terhadap masalah sosial, etika, dan lingkungan. Akan tetapi CSR bukan hanya melakukan hal-hal benar yang dapat membentuk reputasi baik dan kepercayaan para pemangku kepentingan; melainkan terkait sesuatu yang dapat menjaga kelestarian planet bumi serta manusia-manusianya di masa yang akan datang.

Sebagai sebuah perusahaan yang bertanggungjawab sebaiknya perlu lebih banyak terlibat dengan para pemangku kepentingan untuk membahas lebih lanjut mengenai isu-isu ekonomi, lingkungan, etika, dan sosial yang relevan bagi perusahaan. Dengan aktif mengelola isu-isu utama serta kinerja perusahaan, dapat memberitahu kondisi perusahaan kepada semua pemangku kepentingan.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar