Tanggung
jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility
(CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk
tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya
adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional
perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena
itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan",
di mana suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya
harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek
ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, melainkan juga harus menimbang dampak sosial dan
lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun
untuk jangka yang lebih panjang.
CSR saat ini sudah menjadi isu
utama sesuai dengan harapan para pemangku kepentingan. Para pemangku kepentingan ini secara terus-menerus menuntut perusahaan
untuk bertanggungjawab tidak hanya terkait masalah keuangan, akan tetapi juga
terhadap masalah sosial, etika, dan lingkungan. Akan tetapi CSR bukan hanya melakukan hal-hal benar yang
dapat membentuk reputasi baik dan kepercayaan para pemangku kepentingan;
melainkan terkait sesuatu yang dapat menjaga kelestarian planet bumi serta
manusia-manusianya di masa yang akan datang.
Sebagai sebuah
perusahaan yang bertanggungjawab sebaiknya perlu lebih banyak terlibat dengan
para pemangku kepentingan untuk membahas lebih lanjut mengenai isu-isu ekonomi,
lingkungan, etika, dan sosial yang relevan bagi perusahaan. Dengan aktif
mengelola isu-isu utama serta kinerja perusahaan, dapat memberitahu kondisi
perusahaan kepada semua pemangku kepentingan.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar